djalanin.com

Sabtu, 18 Maret 2023

Apa saja yang Asik di Malaysia?

Oleh - Djalanin Team


Helo Sobat Djalanin, Malaysia adalah Negara yang cukup dekat dengan Indonesia. Pastinya beberapa dari kita sudah sering pergi kesana. Beberapa waktu yang lalu kita liburan di malaysia selama 5 hari yang terbagi di Penang dan Kuala Lumpur, ada beberapa pengalaman menarik yang bisa kita share dan mungkin bisa membawa manfaat buat sobat djalanin semuanya.




Pulau Penang


Penang Cukup menarik untuk dikunjungi. Menurut beberapa teman yang stay di  Malaysia, Penang merupakan surga Kuliner yang cukup menarik.  Bagi penikmat duren, pasti disempetin mencari durian musang king yang rasanya emang  terkenal mantab banget. Selama di Penang kami mampir di Armenian Street untuk  menikmati durian musang king, saat itu harga nya RM 58/kg.  kami juga mencicipi es Cendol yang cukup banyak dijual disana seharga RM 5,9.


Jika Suka kuliner nasi Briyani, Seafood atau ala2 timur tengah, bisa mampir Restoran Sri Ananda Bahwan. Harga Nasi Briyani disana mulai RM 23, Milo Hot harganya RM 3,5, sedangkan sepiring seafood plater harganya mencapai RM 140. Makanan disini sebagian besar rasanya cukup oke, hanya untuk seafood disini harga dan rasanya kurang recomended karena harganya menurut saya cukup mahal. Pastikan detil pilih menu dan cek harga sebelum pesan makanan.


Ada Outlet  Coffee Tree  di jalan tikus yang bisa jadi salah satu tujuan kuliner untuk para pecinta Kopi, teh tarik dan Cokelat, disanya banyak sekali pilihan yang bisa kamu pilih untuk dijadikan oleh-oleh. Kopi disini memang cukup mahal, harganya sekitar RM55, tapi rasa kopinya memang enak. Ada juga pusat oleh-oleh lain yang cukup Terkenal yaitu toko Jeruk Madu Pak Ali. Di sana menjual banyak sekali manisan, yang rasanya beda dengan manisan di indonesia, Khas dan segar. Ada beberapa jajanan khas Pulau penang juga yang bisa dijadikan oleh- oleh.



Karena Penang Adalah sebuah Pulau, kita pilih hotel yang di sekitar pantai Batu Feringgi, Bayview beach resort yang merupakan hotel bintang 4. Hotelnya cukup bagus, dan kita pilih kamar dengan view pantai dan bukit, biar susasana liburan semakin asik.  Bayview resort cukup bagus, tapi jika ingin hotel bintang 5, bisa pilih HardRock Hotel Penang yang posisi nya satu deret dengan harga bisa 2 kali lipat lebih mahal.


Beberapa tujuan Wisata yang sempat kita kunjungi selama liburan di Penang:



1.   Tapak Warisan Dunia, George Town. George town harus masuk list daftar kunjungan karena George Town adalah ibu kota negara bagian Pulau Pinang dan merupakan salah satu kota bersejarah di Malaysia. Wisatawan yang datang ke sana bisa melihat beragam bangunan dengan arsitektur unik sambil berjalan kaki, bersepeda atau naik becak.



2.   Penang Hill merupakan salah satu tempat yang dipercaya sebagai ikon wisata kota Penang. Kalau kalian kesini Wajib mampir ke the Habitat. Harga Tiket untuk dewasa adalah RM 60, child RM 40, sedangkan untuk family package adalah  160 (4 orang). Ada beberapa aturan di penang hill, seperti tidak boleh membawa hewan peliharaan, dan beberapa aturan lain yang sudah ditulis dengan jelas. Ngga perlu bingung waktu jalan di the Habitat, ada Park Map dalam bentuk barcode yang bisa kamu download. Sekarang emang uda eranya paperless dan praktis ya sobat djalanin.Semua uda beralih di digitalisasi


3. The Top Penang, yang terletak di ketinggian 249 meter berbagai kegiatan, mulai dari menikmati keindahan kota Georgetown secara menyeluruh, berjalan di "langit" di Rainbow Skywalk di level 68, mengunjungi Jurassic Research Center di  level 5, hingga menguji nyali di The Gravityz yang terletak di level 65. Bagi Pecinta Durian juga ada Penang State Galery Durian The King of Fruit.


4.     Tembok Laut Esplanade Lokasinya di pinggiran kota George Town. Kalau Mau Berfoto dengan background gedung lama (Heritage) dan Laut bisa datang ke Tembok laut Esplanade


5.   Masjid Negeri Pulau Penang, merupakan salah satu masjid yang popular di pulau Penang. Masjid ini luas dan sejuk di dalam, bisa menampung sampai 5000 orang. Yang bikin unik, arsiteknya berasal dari Filipina dan masjid ini terinspirasi dari katedral brasilia.


Masjid daerah timur laut, juga dikenal sebagai Masjid Terapung Tanjung Bungah adalah sebuah masjid terapung yang terletak di Tanjung Bungah dekat George Town, Penang. Arsitektur Masjid ini cukup bagus dengan nuansa warna putih. Ada serambi2 kecil untuk tempat duduk/ bersantai menghadap ke arah laut di beberapa sudut Masjid.




Kuala Lumpur


Lain cerita di penang yang terkenal dengan surga kuliner, kalau kuala lumpur merupakan wisata shopping. Kalian bisa pergi ke Genting Premium Outlet, disana banyak sekali barang branded, kalau kalian beruntung kalian akan menemukan barang branded incaran kalian dengan sale tinggi sampai dengan 70%. Waktu kita kesana kemaren, brand Coach ada sale 65% sampe pengunjung harus antre untuk masuk ke outlet. Kalian Juga bisa shoping di KLCC,Sungai Wang Plaza, Bukit bintang dan banyak Mall lain  jika ingin berburu barang - barang branded.


Soal Kuliner nasi Kandar bisa coba di Hammediyah.  Disini menjual Nasi Briyani dengan berbagai macam jenis, dari Briyani kosong seharga RM 5 sampai Briyani Ayam Piru seharga RM 60. Selain itu, makanan lain yang cukup banyak dipesan adalah Murtabah (Martabak) dengan berbagai isian dari harga RM 6 untuk Murtabah sayur dan RM 15 untuk Murtabah Chezzy(campur). Menu makan disini sangat banyak. Antrian di resto ini lumayan panjang, tapi pelayanan nya cukup cepat, tapi bagi yang malas untuk beli langsung bisa pesan melalui applikasi Grab Food. Ada lagi resto makanan khas timur tengah di Al Amar lebanese cuisine di bukit bintang, disini ada beberapa minuman khas timur tengah dan kebab daging dengan harga RM 13,20. Ada lagi Restoran jepang yang masakannya cukup enak, di Kingu Kongu yang lokasinya di 5 & 7 jalan Yap Ah Shak, Kuala Lumpur. Disini Harga Salmon Ikura Don RM 30, Miso soup RM 6, Japanese beef Patty Curry Don RM 28. Selama di Malaysia, sempatkan beli Char Kwetiau, karena ini salah satu makanan terkenal di malaysia. tapi untuk muslim, bisa dikonfirmasi dl ya kehalalannya dulu. Untuk durian Musang King disini jauh lebih Murah, di pasar hanya Rm 30/kg.


Selama di Kuala Lumpur kita menginap di Holiday inn ekspress, kenapa? Karena hotel ini memiliki posisi strategis di tengah kota, Masuk dalam area Kuala Lumpur City Centre. Bepergian di Kuala Lumpur cukup Mudah dan Murah, kita bisa memakai MRT/LRT yang sudah terintregasi dalam 1 sistem. Holiday inn Sangat dekat dengan Stasiun MRT. ketika kita akan menuju area Medan Tuanku tarifnya cukup murah hanya RM 1,90 bisa bayar tunai maupun bank.


Beberapa daerah yang dikunjungi selama liburan di Kuala Lumpur:



1.    KL Tower Malaysia. Salah satu ikon di Kuala Lumpur yang harus dikunjungi. Dari atas kita bisa menyaksikan indahnya kuala lumpur dan menara petronas, apalagi saat kesini malam hari. Harga Tiket Dewasa per orang RM 110. Tinggi menara adalah 421 Meter, lebih tinggi dari the top Penang. Terdapat fasilitas Skydeck di ketinggian 300 meter, Megaview Banquet deck di ketinggian 288Meter, Atmosphere 360 Revolving Restaurant di 282 Meter dan Observation Deck di ketinggian 276



2.     KLCC Menara Petronas.ini Juga merupakan Ikon di Kuala Lumpur. Gedung Menara kembar dimana didalamnya terdapat  Mall/ Pusat perbelanjaan dan perkantoran . Ini menjadi salah satu tujuan, karena terdapat menara kembar yang cukup estetik untuk dijadikan tempat berfoto terutama saat malam.


3.      Genting Sky Avenue, merupakan Mall yang cukup luas, terdapat tempat bermain anak skytropolis.



4.    Awana SkyWay, merupakan Gondola/ Kereta gantung yang cukup terkenal di genting. Kalian bisa menikmati pemandangan 360° serta udara sejuk selama 10 menit, tiket untuk meinikmati wahana ini adalah RM18 untuk 2x Trip pulang pergi.



5.    Batu Caves, Merupakan salah satu tempat suci kaum Budha yang terletak di daerah Gombak. Batu Caves terdiri sebuah bukit kapur, yang memiliki serangkaian gua dan kuil gua, Ada patung Budha yng besar, banyak monyet dan burung yang hidup berkeliaran disana. Ada tangga berwarna warni yang bisa kamu naiki untuk bisa sampai di kuil dalam Goa, di dalam goa bisa disaksikan beberapa orang yang melakukan ritual/ sembayang



6.   Central Market, berdiri sejak 1888 merupakan sebuah Pasar Seni yang terletak di Jalan Hang Kasturi yang dikenal sebagai pusat oleh-oleh di Malaysia. sekarang konsep pasarnya berubah menjadi lebih rapi. Disana Terdapat beberapa toko yang menjual souvenir produk Malaysia seperti batik, magnet kulkas, gantungan kunci, baju, coklat, kopi danjuga menjual barang-barang souvenir yang bisa dijadikan oleh - oleh.



7.   Perpustakaan Kuala lumpur, merupakan salah satu perpustakaan yang cukup cantik dan rapi, terletak di Jln Raja, City Centre. Merupakan salah satu perpustakaan terbaik di kuala lumpur karena cukup luas dengan koleksi buku cukup lengkap. Disana disediakan loker penitipan barang bagi yang membawa tas/ jaket, sebelum menuju ke ruangan baca. Lokasi Kuala Lumpur Library juga dekat dengan jantung kota, Merdeka Square.



8.   Jalan Merdeka, Sungai Klang. Ini disebut The River of Live. Kawasan disini sangat tertata, bersih dan indah sekali. Ada nuansa seperti embun yang di pnggiran sungai yang menyejukkan mata, dan ada gedung2 yang sengaja digambar sehingga menciptakan nilai seni yang cukup tinggi. Disana juga ada beberapa resto di pinggir sungai bagi wisatawan yang ingin duduk sekedar menikmati nyaman nya suasana di sungai klan yang cukup estetik. Sungai ini  Posisinya dekat dengan Masjid Jamek kuala lumpur(merupakan masjid tertua di kuala lumpur) cukup berjalan kaki sekitar 10 menit.



Transportasi di Malaysia cukup mudah, apalagi dengan ada nya grab yang harganya juga cukup murah. Mungkin karena Harga BBM disana lumayan terjangkau, hanya berkisar RM2.15- RM 4. Terakhir saat kepulangan, dari  hotel holiday Inn  express menuju bandara, karena ingin perjalanan panjang kami lebih nyaman, kami coba sewa Velvire dengan Harga RM 190 (jarak 58km, dengan waktu tempuh 1jam 11 menit). Inilah sekilas cerita ketika kami pergi liburan di Kuala Lumpur, semoga bisa sharing pengalaman dan bisa menjadi catatan sebelum bepergian kesana. 


Travel Blog

Jumat, 21 Juni 2024

Djalanin dan Kemenparekraf RI untuk Pariwisata 2024

Kami punya kabar menarik nih buat kalian yang selalu setia mengikuti perkembangan Djalanin.com. Pada tanggal 19 Juni 2024, Djalanin.com bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kamis, 30 Mei 2024

Djalanin Goes to campus : MACHUNG

Kolaborasi Universitas Ma Chung dan Djalanin dalam Mengembangkan Industri Pariwisata

Senin, 27 Mei 2024

Turut Memeriahkan Bursa Pariwisata Jawa Timur dan Kesempatan Mengembangkan Bisnis untuk Djalanin

Dalam gelaran Bursa Pariwisata Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur di Exhibition Hall Grand City Mall Surabaya pada tanggal 23-26 Mei 2024.