djalanin.com

Sabtu, 27 Agustus 2022

Cappadocia di Madura Aka Bukit Jedih

Oleh - Djalanin Treveller


Helo sobat traveler…

Pernahkah kalian ke bukit jedih?

Beberapa waktu yang lalu, Tim Djalanin.com melaksanakan kegiatan traveling kesana. Akses Jalan belum terlalu bagus, beberapa bagian jalan masih makadam dengan beberapa papan penunjuk jalan yang membuat kami sedikit ragu pada awalnya. Jalanan agak sempit dan banyak rumput liar yang dibiarkan tumbuh sehingga menciptakan kesan sebagai area yang kurang terawat. Sampai pada akhirnya kami menjadi yakin setelah melihat perbukitan yang berwarna putih.


Jika dilihat dari sisi sejarahnya, Bukit Jedih merupakan sebuah bungker peninggalan Belanda. Bungker ini dahulu dijadikan sebagai tempat penyimpanan senjata. Kemudian, karena perkembangan zaman, perbukitan kapur ini mengalami perubahan fungsi dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat penambangan Kapur untuk menunjang perekonomian warga. Tidak hanya itu, Mereka menambang kapur sekaligus mengolahnya menjadi tempat yang estetik dan fotogenik serta layak dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di Madura.

Beberapa bagian dari bukit kapur ini sengaja dibentuk sedemikian rupa supaya memberi kesan yang indah dan tertata. Terdapat bagian yang tampak berongga dan berbentuk seperti jendela pada bangunan kuno yang megah. Bukit Jedih juga memiliki sebuah Goa yang disebut Goa Poteh, yakni  sebuah bangunan/ Lorong dengan dinding yang memiliki kesan seperti pahatan/ ukiran menyerupai Bangunan dari batu di kota Cappadocia Turki. Di sana terdapat sebuah kolam air yang jernih dan tangga berundak yang menjadi salah satu spot foto favorit para traveler.

Untuk menikmati keindahan kawasan Bukit Jaddih hanya perlu membayar biaya masuk Rp 5.000. Murah bukan? So…Is Bukit Jedih one of your dreams?

Travel Blog

Kamis, 4 April 2024

Kolaborasi Strategis dengan Universitas Machung untuk Pengembangan Pariwisata di Jawa Timur

Selasa, 2 April 2024, Djalanin.com menjalin kerjasama yang strategis dengan Universitas Machung

Sabtu, 23 Maret 2024

Menuju destinasi Unggul : Sinergi Pemkab Jember dan Djalanin.com untuk pariwisata lokal

Pada hari Jumat, tanggal 22 Maret, djalanin.com dan disparbud Kab.Jember mengadakan kegiatan kolaborasi terkait sosialisasi program djalanin.com dan persiapan Kabupaten jember menuju ajang ADWI 2024

Kamis, 21 Maret 2024

Sosialisasi dan Forum Group Discussion menuju ADWI 2024 bersama Kabupaten Malang

Djalanin.com berkesempatan untuk mengikuti kegiatan sosialisasi sekaligus diskusi terkait persiapan ADWI tahun 2024 pada Kabupaten Malang