djalanin.com

Senin, 9 Oktober 2023

Rembug Desa 2023: Mendorong Ekonomi Jawa Timur Melalui Desa Wisata dan Kampung Wisata

Oleh - djalanin team

Selamat datang di blog Sobat Djalanin! Kali ini kita akan membahas tentang kegiatan Rembug Desa 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

 

Pada tanggal 4-6 Oktober 2023, Hotel Allante menjadi saksi perhelatan Rembug Desa yang mengundang 60 peserta pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2022. Peserta terdiri dari Desa Wisata Semen-Kabupaten Blitar, Desa Wisata Pandean-Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Tirta Agung - Kabupaten Bondowoso, Desa Wisata Aengtongtong-Kabupaten Sumenep dan Pelaku Pariwisata Sidoarjo.

 

Tujuan acara ini adalah untuk mengkaji lebih lanjut pengelolaan desa wisata dan mempelajari best practice desa wisata. Peserta diajak untuk mengunjungi Kampung Wisata Heritage Kayutangan Kota Malang dan Desa Wisata Ketapanrame.

 

Narasumber yang hadir dalam acara ini berasal dari Lsp Pariwisata Phuri Nusantara, PT Odifa Jelajah Dunia dan beberapa narsum lain. Kami, Djalanin.Com, juga mendapatkan kesempatan untuk berbagi ilmu dengan materi Paket Wisata Online. Kami juga menyampaikan program subsidi diskon tiket yang merupakan program kolaborasi dan kerjasama dengan kemenparekraf RI. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pergerakan arus wisatawan nusantara.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Bpk Hudiyono, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Beliau menyatakan bahwa sebagai bentuk kolaborasi pentahelix, Beliau sepakat untuk berkomitmen dalam mendorong ekonomi Jawa Timur melalui desa wisata dan kampung wisata.

 

Ibu Susiati, Kepala Bidang Destinasi Pariwisata sekaligus ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk memperkuat akses, memperluas jejaring kerja antar Kelompok Sadar Wisata dalam mengembangkan produk yang ada di desa wisata. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada pengelola desa wisata berupa sertifikasi profesi pramuwisata supaya dapat meningkatkan profesionalitas dalam pelayanan, pemberian informasi dan story telling sehingga dapat meningkatkan daya saing dalam industri pariwisata.

 

Sebagai bagian dari upaya kami untuk mendukung peningkatan pergerakan arus wisatawan, Djalanin.com memberikan subsidi diskon tiket untuk kegiatan di Kampung Wisata Heritage Kayutangan, Malang. Ini merupakan bagian dari program kerjasama kami dengan Kemenparekraf RI.

 

Kami percaya bahwa dengan adanya subsidi diskon tiket ini, akan semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi dan menikmati keindahan serta keunikan yang ditawarkan oleh Kampung Wisata Heritage Kayutangan. Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi lokal, khususnya bagi masyarakat sekitar desa wisata.

 

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengeksplorasi lebih jauh keindahan Indonesia melalui desa-desa wisatanya. Mari berwisata dan sekaligus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.

 

Demikian ulasan kita tentang Rembug Desa 2023. Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif untuk pengembangan desa wisata di Jawa Timur. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya!

Travel Blog

Senin, 29 April 2024

Menelusuri Warisan Budaya Tengger: Upacara Unan-Unan di Desa Tosari

Puncak acara ‘Upacara Unan-Unan, berlangsung sangat meriah karena melibatkan seluruh lapisan masyarakat adat Tengger di tosari. Tradisi budaya Tengger telah berlangsung selama berabad-abad dan diraya

Senin, 29 April 2024

Kolaborasi Inovatif antara Djalanin.com dan Universitas jember untuk Masa Depan Destinasi Jember dan sekitarnya

24 April 2024 pukul 10.00 WIB, ruang internasional Fisip Universitas Jember menjadi saksi dari momen bersejarah dalam dunia pariwisata. Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Fakultas Ilmu Sosia

Kamis, 4 April 2024

Kolaborasi Strategis dengan Universitas Machung untuk Pengembangan Pariwisata di Jawa Timur

Selasa, 2 April 2024, Djalanin.com menjalin kerjasama yang strategis dengan Universitas Machung